Mengemudi Saat banjir-Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum, Selama dan Sesudah

Mengemudi Saat banjir-Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum, Selama dan Sesudah

Banjir merupakan bencana alam yang sering kita temui saat musim penghujan. Saat volume sungai sudah tidak mampu menampung air hujan terjadilah banjir tersebut. Sebagai pengemudi mobil kita harus mempersiapkan kendaraan kita sehingga siap saat menerjang banjir, salah satu nya dengan melakukan servis mobil kita secara rutin.

Persiapan saat menghadapi banjir selain melakukan tune up mesin mobil kita, hal-hal lain yang kita lakukan adalah mengkondisikan mobil kita sehingga air banjir tidak bisa masuk ke mobil. Maka dari itu saat memasuki musim penghujan kita harus membawa mobil kita ke bengkel mobil untuk melakukan pengecekan karet-karet pintu mobil yang memungkinkan air masuk ke dalam.

Selain itu periksa kembali sistem kelistrikan di semua sudut kendaraan Anda. Konektor yang longgar atau terbuka secepatnya disambung dan disolder kembali. Kalaupun air yang masuk ke dalam kabin mengenai sambungan kabel akibatnya akan menimbulkan hubungan pendek (korsleting) dan bisa memutuskan sekring.

Teknik mengemudi saat menerjang banjirpun harus kita kuasai, mengemudi saat banjir lain dengan cara mengemudi keseharian kita. salah satu yang harus selalu kita ingat adalah menghindari genangan air yang dalam. Jika terpaksa melewati genangan air yang lumayan dalam, Anda harus yakin dan percaya diri.

Masukkan gigi persneling ke posisi satu lalu tekan gas perlahan-lahan sampai jarum putaran mesin menunjuk angka 3.000 rpm. Jangan Anda injak gas berulang-ulang. Hal itu hanya akan menyebabkan kipas mesin menyedot air, efeknya akan membahayakan mesin sehingga kita harus tune up dan bongkar mesin.

Terakhir, setelh mobil kita pakai menerjang banjir kita harus melakukan servis rem mobil kita. Karena setelah kita pakai menerjang banjir kondisi kampas rem pasti akan basah dan kotor, untuk itu setelah mobil kita menerjang banjir hal pertama yang harus kita cek adalah kondisi rem.

Cek juga kondisi mesin mobil kita, apakah air banjir masuk ke dalam ruang mesin. Jika mesin sampai tergenang saat melintasi banjir jangan tunggu lama lagi bawa mobil ke bengkel mobil untuk melakukan tune up mesin, bisa jadi masih ada air yang masuk ke ruang mesin.

0 komentar:

Posting Komentar

TWITTER